Kuliah Tak Hanya Teori yang Kamu Dapatkan!

Saya saat ini sedang menjalani kuliah di salah satu Universitas dengan pembelajaran Jarak Jauh (online), saya dituntut untuk mandiri dalam perkuliahan. Harus rajin belajar sendiri untuk mendapatkan nilai maksimal.

Kebanyakan mahasiswa Universitas dengan pembelajaran Jarak Jauh sudah memiliki pekerjaan, harus pinter-pinter bagi waktu.

Kalo simpelnya sih, kuliah buat apa? Pasti sebagian besar menjawab buat kerja. Tapi kalo udah kerja yang dicari apa?

Saya yakin ada bermacam-macam tujuan yang membuat ingin kuliah bisa karena butuh pendidikan yang lebih tinggi sebagai syarat untuk jenjang karir, karena ingin sarjana, ada juga mungkin untuk salah satu syarat menjadi mantu idaman.

Saya saat ini sudah menjalani kuliah 6 semester, banyak sekali yang saya dapatkan selama kuliah berlangsung.

Hal-hal yang enggak didapatkan di kehidupan sosial atau di kantor, bisa kamu dapatkan dibangku kuliah.

Saya merasakan banyak sekali perbedaan cara belajar antara SMA dan kuliah. Jauh sangat berbeda.

Lalu apa saja yang didapatkan selama kuliah?



1. Kuliah Mempelajari Hal yang Lebih Rumit


Setiap naik tingkat pendidikan, pasti akan mempelajari hal yang lebih rumit.

Yang saya rasakan ketika mengambil ilmu menuju Sarjana, saya dituntut untuk peka terhadap sesuatu yang sedang terjadi dalam lingkungan.

Ilmu padi, semakin tua semakin merunduk.

Seorang sarjana harusnya dapat berbicara dengan baik untuk orang yang tepat. Kita belajar banyak mengenai teori yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari lalu bisa disampaikan dengan cara yang sederhana dan mudah dimengerti oleh umum.

Sebagai contoh, seorang Marketing Forex harus menyampaikan mengenai pasar yang sedang terjadi saat ini menggunakan bahasa yang lebih ringkas agar mudah dimengerti oleh klient. Walaupun setiap harinya marketing tersebut dipagi hari memantau berita tentang pasar, memprediksi pasar yang akan terjadi di masa yang akan datang.

Apakah marketing akan bicara kepada klient nya mengenai kondisi Bank Dunia saat ini dengan detail? Klient ingin nya kan menginvestasikan uang nya, dan dapat untung yang berlipat. Marketing yang profesional akan membantu untuk memudahkan urusan klient untuk melakukan "buy dan sell" dengan baik.


2. Memandang Segala Suatu Hal Bukan dari Satu Sisi


Semua mata kuliah yang saya pelajari tidak hanya harus dikuasai. Tapi harus dipahami dan dipandang dari segala sisi.

Semua hal ada sisi positif dan negatif. Bahkan hal negatif itu masih bisa dilihat sisi positifnya.

Saya beri contoh sederhana mengenai "penjahat" yang meresahkan masyarakat. Namun di sisi lain, dengan adanya penjahat membuka lapangan pekerjaan (sipir).

Jika tidak ada penjahat, atau penjahat berkurang secara drastis bagaimana nasib sipir?


3. Hal yang Sangat Sederhana pun ada Definisinya


Setelah memahami materi, kita harus bisa mendefinisikannya sendiri.

Mudah jika sangat memahi materi yang telah dipelajari.

Maka dari itu, kita seharusnya bisa menghargai apapun hal itu walau nilainya kecil kan?



"Saya prihatin mendengar anak-anak muda mengatakan bahwa mereka tidak mau kuliah karena saya sendiri tidak lulus. Satu, saya mendapatkan pendidikan yang sangat baik walaupun saya tidak menunggu cukup lama untuk mendapatkan gelar saya. Kedua, dunia ini menjadi semakin kompetitif, terspesialisasi, dan kompleks setiap tahunnya, menjadikan pendidikan tinggi penting di zaman sekarang, seperti pentingnya pendidikan sekolah menengah di zaman dulu."
Bill GatesPengusaha (Microsoft) dan dermawan dari Amerika Serikat 1955-sekarang

0 Response to "Kuliah Tak Hanya Teori yang Kamu Dapatkan!"